Jan
30
2012

Wujudkan mimpi dengan rencana keuangan

I have a dream, a song to sing
To help me cope with anything……(ABBA – I have a dream)

Siapa pun pasti punya mimpi. Saya selalu suka dengan lagu tersebut, terutama mengingatkan saya akan mimpi-mimpi yang belum sempat terwujud. Saya kembali teringat kenangan masa remaja dulu, kira-kira saat berusia dua belas tahun. Semua teman-teman sekolah pada masa itu sedang heboh menggunakan jam yang rantainya terbuat dari metal.

Ayah saya menolak untuk membelikan dengan alasan ulang tahun saya masih jauh. Alhasil, saya pun diam-diam menyimpan sebagian uang jajan, mengumpulkan honor-honor hasil menari balet selama berbulan-bulan. Dan tidak sampai setahun kemudian, saya berhasil membeli jam tangan impian!

Yes, everything starts with a dream. Tapi mimpi saja tidak cukup kalau kita tidak punya rencana yang jelas untuk mencapai hal tersebut. It’s gonna be just a fairytale. Apa yang telah saya lakukan adalah Dream, Plan, Action. Tanpa sadar, proses ini telah mencapai 75% dari proses Perencanaan Keuangan. Untuk membuatnya lengkap, kita juga harus melakukan Review.

Membangkitkan good money habit adalah pondasi terpenting dalam mencapai kesejahteraan finansial. Unsur utama untuk menjalankan sebuah rencana keuangan adalah kemampuan dan komitmen untuk menabung dan berinvestasi.

Kemampuan dan komitmen adalah dua unsur yang  tidak bisa dipisahkan. Mampu, punya dananya, tapi tidak disiplin melakukan proses menabung dan investasi, saya pastikan gaji Anda hanya melayang untuk hal-hal yang tidak prioritas untuk Anda. Punya komitmen tapi, maaf, sumbernya tidak cukup, artinya kita hidup di luar batasan kemampuan kita.

Seseorang dapat dikatakan memiliki good money habit apabila ia mampu untuk membayar dirinya terlebih dahulu dibandingkan kepentingan lain. Buat saya artinya menerapkan prinsip ZAPFIN: Zakat, Assurance, Present Consumption, Future Spending, & Investment.  Anda akan merasa sayang apabila penghasilan yang diterima habis dalam sekejap hanya untuk belanja impulsif.

Karakter ini tidak dapat dimiliki dalam sekejap. Namun, harus dibangun perlahan demi perlahan sehingga akan lebih kokoh. Itulah sebabnya, penting sekali kita mengajarkan arti uang sedari dini untuk anak.

Untuk Anda yang merasa sudah terlambat, jangan menyerah! Tidak pernah ada kata terlambat untuk mengubah kebiasaan kita dalam mengelola penghasilan.

Rencana jangka pendek
Bila tidak punya rencana dalam jangka pendek, umumnya kita dapat dengan mudah menumpuk utang kartu kredit. Sumbernya apa? Tentu saja karena terlalu banyak konsumsi yang umumnya berasal dari belanja impulsif.

Dalam jangka panjang, resiko terberat yang sangat ingin kita hindari adalah tidak mampu pensiun! Tanpa memiliki good money habit, hampir mustahil Anda dan pasangan dapat hidup nyaman tanpa beban di masa pensiun.

Izinkan saya untuk mengingatkan bahwa di masa pensiun, penghasilan kita umumnya menurun jauh dari masa produktif. Sehingga, kalau bukan kita sendiri yang mulai berinvestasi, siapa lagi?

Getting to my dreams
1.    Buat rencana keuangan. Dream, Plan, Action, & Review. Pastikan Anda punya anggaran sebagai panduan untuk mencapai tujuan finansial.
2.    Miliki sedikitnya tiga rekening: untuk operasional, dana darurat, dan investasi. Kalau sulit sekali untuk anda menyisihkanpendapatan cari bantuan dari pihak lain. Coba tanyakankepada bagiankeuangan di kantor anda, bolehkah sebagian dari gaji bulanan bisa langsung dikirim ke rekening khusus itu.
3.    Buat tujuan finansial untuk setiap dana yang anda tabung. Menyisihkan pendapatan untuk tujuan tidak jelas sangatlah membosankan. Ingat, uang yang ditabung nantinya juga akan digunakan untuk berbelanja berbagai hal yang kita impikan.

Membuat rencana keuangan bukan sekadar berbicara angka-angka semata. Rencana keuangan akan memberikan Anda jauh dari pada itu. Kita berbicara hidup yang lebih tertata, hidup yang lebih sejahtera, dan hidup yang lebih indah sesuai definisi Anda dan keluarga. It’s about you and your life. Live a beautiful life!

 

Prita Ghozie

CEO & Chief Financial Planner ZAP Finance

Twitter: @PritaGhozie | Facebook: ZAP Finance Consulting | Web:www.zapfinance.co.id

Call us at (021)57948059

 

Events Calendar

September  2017
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
   
  1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30