Mar
18
2012

Smart Holiday, Fun Holiday

Libur tlah tiba… Libur tlah tiba… Hore… Hore… Hore…

Masih ingat dengan penggalan lagu diatas bukan? Lagu yang mengingatkan kita dengan liburan yang menyenangkan.

Tak terasa musim liburan sudah di depan mata, berbagai tawaran menarik paket liburan mulai berdatangan, mulai dari paket hemat keluarga sampai cicilan tetap paket liburan.

Setelah melewati rutinitas pekerjaan yang cukup melelahkan, tawaran-tawaran liburan yang datang menjadi sangat menggiurkan. Ditambah dengan mendengar antusias obrolan Kay dan Naomi, putri-putri kecil kami, tentang pengalaman liburan ke Bali di akhir tahun lalu,  ajakan mereka untuk mencari tempat lain sebagai tujuan berlibur di musim liburan nanti menjadi semakin sulit ditolak.

Setiap tujuan finasial membutuhkan anggaran, begitu juga dengan liburan. Apakah Anda sudah terbiasa menyisihkan sebagian pendapatan Anda untuk berlibur? Ataukah Anda terbiasa mengambil tawaran cicilan tetap kartu kredit untuk membiayai liburan Anda?

Ada beberapa strategi dalam mencapai tujuan finansial. Liburan termasuk salah satu tujuan yang idealnya dicapai dengan menabung dahulu, liburan kemudian. Kenangan masa liburan pastinya akan sangat berkesan apabila tidak meninggalkan utang sesudahnya. Tentu sangat tidak menyenangkan apabila liburan ke Bali selama 5 hari kemarin harus dibayar selama 1 tahun ke depan. Belum lagi ditambah dengan bunga cicilan yang cukup tinggi, kesan liburan pastinya akan langsung terhapus dengan beban cicilan yang harus kita tanggung.

Ada beberapa hal yang turut menentukan jumlah anggaran yang harus disiapkan. Pertama, adalah tempat tujuan. Anggaran untuk berlibur ke luar negri tentunya berbeda dengan  anggaran berlibur dalam negri. Indonesia memiliki ratusan bahkan ribuan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Kedua, moda transportasi. Ada yang dapat dicapai dengan berkendaraan darat, ada pula yang harus dicapai dengan transportasi udara. Masing-masing moda transportasi ini pun membutuhkan biaya yang berbeda-beda.

Ketiga, gaya berlibur. Ada yang terbiasa menginap di hotel berbintang, ada pula yang lebih nyaman menginap di tempat kerabat. Anak-anak kami yang masih balita  senang diajak ke tempat-tempat permainan seperti zoo, bird park juga menonton pertunjukan tradisional setempat, berbeda dengan keponakan kami yang sudah lebih dewasa yang lebih senang menghabiskan waktu mereka di pantai.

Keempat, Hal lainnya yang tak boleh terlewatkan adalah anggaran belanja, termasuk untuk membeli oleh-oleh. Kita sering menggampangkan bagian ini, yang ternyata cukup menghabiskan anggaran liburan kita.

Sebagai gambaran, untuk berlibur ke Bali dengan anggaran Rp 10 juta, anda perlu menyisihkan Rp 875 ribu/bulan selama 12 bulan pada instrumen investasi yang memberikan return 6% per tahun.

 

Tips Berlibur Cerdas

  1. Cari informasi sebanyak-banyaknya sebelum memutuskan liburan seperti apa yang akan kita pilih. Kecanggihan teknologi saat ini memudahkan kita untuk mengakses segala informasi tersebut.
  2. Pesan dari jauh-jauh hari. Berbagai pilihan paket tour, tempat-tempat wisata yang direkomendasikan oleh berbagai travel agent,  memiliki skema harga yang berbeda-beda. Harga promo bisa diperoleh jika paket atau tiket dipesan jauh-jauh hari atau saat tanggal sepi liburan.
  3. Persiapkan kebutuhan si kecil dari rumah. Apabila Anda berlibur bersama anak anda yang masih balita, sebaiknya membawa perlengkapan yang cukup bagi si kecil seperti misalnya susu formula, makanan favorit dan popok karena belum tentu anda dapat memenuhi kebutuhan tersebut di tempat berlibur.
  4. Pakaian yang tepat. Sesuaikan pakaian yang anda bawa dengan tempat yang akan dikunjungi. Pilihlah pakaian yang nyaman dan dapat melindungi anda dari kondisi dan cuaca.
  5. Kamera Digital. Satu hal yang tak boleh terlupakan, abadikan momen-momen menyenangkan saat liburan.

 

Dengan perencanaan yang matang, kita dapat mengoptimalkan anggaran yang kita miliki. Keluarga kami sudah mulai menyisihkan pendapatan kami untuk berlibur di musim liburan nanti. Bagaimana dengan Anda?

Live a Beautiful LifeTM

 

Tia Wibowo

Planning Director ZAP Finance

Twitter: @zapfinance | Facebook: ZAP Finance Consulting | Web:www.zapfinance.co.id

Call us at (021)57948059

 

Events Calendar

November  2017
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
   
  1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30