Jun
27
2012

Musim liburan tiba, sudahkah Anda siap?

Tak terasa ya sebentar lagi sudah bulan Juli lagi. Artinya apa? Artinya sebentar lagi anak-anak sekolah akan menghadapi ujian sekolah, pembagian rapor, dan kenaikan kelas. Nah, sebagai orang tua pastinya kita akan merasa bahagia bercampur bangga (Ya pokoknya nano-nano-lah rasanya ya!) jika kita mengetahui anak kita naik kelas atau bahkan jika anak kita mendapatkan peringkat di kelasnya. (Orang tua mana coba yang tidak senang punya anak yang berprestasi di sekolahnya, ya enggak, ya kan, ya toh? hehehe). Ada keinginan kita sebagai orang tua untuk memberikan hadiah kepada mereka, entah itu berupa mainan, baju kesukaan mereka atau bahkan liburan satu keluarga.

Kebanyakan orang tua mungkin akan mengajak buah hati mereka untuk berlibur bersama, hal ini disebabkan karena panjangnya waktu libur yang akan dihadapi anak sekolah. Nah, jika Anda sebagai orang tua ingin mengajak buah hatinya untuk berlibur, entah berlibur di dalam negeri atau keluar negeri, penting halnya sejak sedini mungkin untuk mempersiapkan apa saja yang diperlukan, agar liburan yang telah kita rencanakan dapat berjalan dengan lancar. Lalu, apa saja yang harus kita persiapkan?

Tentukan Tujuan Wisata

Mau ke manakah kita liburan, dapat kita tentukan dengan cara berdiskusi dengan seluruh anggota keluarga. Entah kita ingin berlibur di dalam kota, luar kota atau mungkin luar negeri sekalipun. Penentuan tujuan wisata ini juga akan mempengaruhi besarnya dana liburan yang akan kita keluarkan, serta akomodasi yang akan kita pilih selama kita liburan nanti.

Tentukan Besarnya Dana Liburan

Besarnya dana liburan yang diperlukan tergantung dengan tujuan liburan. Dana liburan ini meliputi biaya akomodasi seperti kendaraan yang kita gunakan untuk mencapai tempat tujuan, hotel atau penginapan tempat kita akan bermalam, serta biaya-biaya yang akan kita keluarkan untuk masuk ke tempat-tempat wisata yang ingin kita tuju. Sangat disarankan untuk menghitung besarnya dana yang kita perlukan jauh-jauh hari sebelum kita akan melakukan perjalanan. Dengan adanya perhitungan tersebut maka akan terlihat besarnya dana yang dapat kita sisihkan setiap bulan untuk dapat memenuhi besarnya biaya liburan tersebut.

Lakukan Reservasi untuk Hotel     

Pada masa-masa libur panjang akan sangat mungkin jika hotel-hotel untuk tempat-tempat wisata akan habis di-booking oleh wisatawan. Maka dari itu, lakukanlah reservasi sejak jauh-jauh hari untuk mengantisipasi penuhnya hotel-hotel yang ada.

Cari Informasi Panduan Wisata

Carilah informasi mengenai tempat wisata yang akan Anda tuju. Informasi ini bisa Anda dapatkan dari web, majalah, hasil mengobrol dengan teman-teman atau dapat diketahui melalui media lainnya. Cari tahu informasi mengenai tempat-tempat wisata yang menarik dikunjungi, hal-hal yang unik dari tempat tersebut.

Daftar Barang-Barang yang Perlu Dibawa

Mulailah catat barang-barang yang akan Anda bawa sekeluarga. Tujuan dari pencatatan itu adalah agar tidak ada barang yang tertinggal. Bayangkan saja jika kita berlibur namun lupa membawa kamera atau handycam, pasti liburan kita akan terasa kurang lengkap.

Bawa Barang-Barang yang Bermanfaat

Jangan membawa barang-barang yang kurang bermanfaat. Membawa barang-barang yang kurang bermanfaat akan membuat kita kurang leluasa. Apalagi jika kita menggunakan transportasi umum seperti pesawat terbang, kereta api, bus atau kapal laut. Jangan sampai barang-barang tersebut mengganggu mobilitas Anda sekeluarga kelak. Buatlah perkiraan yang terbaik untuk barang bawaan sesuai dengan kondisi Anda sekeluarga.

Kelengkapan Dokumen

Urus semua dokumen perjalanan maupun dokumen kesehatan yang diperlukan. Misalnya jika Anda sekeluarga ingin berlibur keluar negeri maka mulailah untuk melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan.

Tetap Jaga Kontrol Atas Keuangan Anda

Saat liburan adalah saat di mana kita bersenang-senang. Bagi yang memiliki hobi berbelanja, tetap jaga kontrol atas diri Anda. Jangan sampai setelah liburan kita akan membawa utang akibat gesek kanan gesek kiri (penggunaan kartu kredit).

Selamat berlibur dan selamat bersenang-senang.

 

Budi Pratama
Senior Advisor
AFC Financial Check Up

Events Calendar

September  2017
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
   
  1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30