Jul
26
2012

Mari mengenali profil risiko anda

Banyak sekali kita mendengar dan membaca tentang berinvestasi dan tawaran berinvestasi baik dari para perencana keuangan maupun pihak-pihak lain, baik yang benar maupun mungkin yang menyesatkan. Investasi adalah satu alat kita untuk menghadapi musuh kita terbesar yaitu inflasi, agar tujuan keuangan kita di masa depan dapat tercapai. Tetapi, sebelum memilih dan berstrategi dengan produk-produk investasi, mari kita kenali dan cari tahu dulu profil risiko Anda. Profil risiko merupakan salah satu kunci utama bagi Anda untuk memutuskan memilih produk investasi.

Secara umum, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi profil risiko seseorang:

  1. Umur Anda
  2. Tujuan keuangan yang ingin dicapai
  3. Kondisi keuangan Anda
  4. Jangka waktu investasi
  5. Tingkat imbal hasil yang Anda cari.
  6. Tingkat pengetahuan dan pengalaman keuangan.

 

Dari beberapa faktor di atas, secara umum, profil risiko dapat dibagi menjadi :

1.      Konservatif

 

Tipe ini adalah investor yang kurang menyukai risiko bahkan malah cenderung menghindar. Jadi penginnya stabil dan pokok investasinya aman/tidak berkurang, dibandingkan hasil yang mungkin didapat dari investasi tersebut. Konsekuensinya, tipe ini rela mendapatkan imbal hasil (return) investasinya yang tidak tinggi.

Hal yang menjadi perhatian adalah bila profil ini digunakan untuk berinvestasi untuk jangka waktu yang panjang, maka risiko yang harus ditanggung adalah jumlah dana yang besar yang harus diinvestasikan untuk memperoleh nilai investasi yang diinginkan.

 

Produk investasi yang sesuai untuk tipe ini adalah produk kas dan pasar uang. Pilihan lainnya yang dapat memberikan return lebih besar adalah reksadana pendapatan tetap maupun logam mulia.

 2.      Moderat atau Balanced

Tipe ini berada di tengah-tengah antara konservatif dan agresif, di mana mengharapkan tingkat imbal hasil yang sedang-sedang saja tetapi stabil dan terukur. Cenderung bisa menerima sedikit risiko kehilangan sebagian dana investasinya asal untuk jangka waktu investasi yang menengah sampai panjang akan kembali.

Produk investasi yang cocok untuk tipe ini adalah reksadana campuran ekuitas dan obligasi, tanpa unsur pasar uang, reksadana saham dengan return-nya stabil, properti dan logam mulia.

3.      Agresif

Tipe ini cenderung lebih mementingkan hasil investasi (return) dibandingkan keselamatan jumlah pokok yang diinvestasikannya (safety). Tipe ini sadar betul bahwa mereka terekspos risiko yang sangat besar, yang mungkin potential loss-nya sampai sebesar nilai investasinya (sampai nol) karena berharap akan dapat kembali bahkan lebih tinggi daripada kerugiannya di masa datang. Fokusnya adalah memperoleh return portofolio di atas rata-rata. Umumnya tipe ini juga telah siap untuk menghadapi volatilitas tinggi yang terjadi di pasar.

Investasi yang cocok untuk tipe ini adalah reksadana saham, investasi dalam saham langsung, properti dan bisnis.

 

Penting bagi kita sebagai investor untuk memahami profil risiko serta jangka waktu investasinya karena akan menentukan produk investasi yang sesuai. Juga factor umur, akan menggeser (bukan mengubah) profil risiko Anda menjadi lebih konservatif yang otomatis akan mengubah komposisi portfolio investasi Anda.

 

Tips-nya  adalah : 75 – umur = % investasi bersifat agresif.

Ingatlah, bahwa potensi keuntungan pasti sejalan dengan potensi risiko. Tetaplah berhati-hati untuk memilih produk manakah yang paling menggambarkan toleransi Anda terhadap risiko, kemudian, pelajari produk investasi tersebut sejelas-jelasnya, lakukan berinvestasi untuk mencapai tujuan dan lakukanlah pengawasan secara periodik untuk memantau kinerja investasi Anda.

Nah sekarang, yuk review portfolio Anda dengan hasil kinerjanya. Apabila saat kinerjanya turun seperti saat ini, Anda merasa sedih, kecewa, kesal, marah-marah, maka kemungkinan Anda tipe konservatif. Kalau masih optimistis di jangka waktu panjang akan naik lagi karena itu menunggu dulu baru menambah porsi investasi tersebut maka Anda bertipe moderat. Sedangkan kalau Anda malah makin menambah porsi investasi tersebut maka bisa dikatakan Anda tipe agresif.

Jadi tipe apakah Anda?

 

Johan Suhadi
Independent Financial Planner
MoneynLove Financial Planning & Consulting

Events Calendar

November  2017
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
   
  1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30