Aug
3
2012

Berhemat saat Ramadan

Ramadan merupakan bulan yang ditunggu oleh para muslimin di Indonesia maupun di dunia, karena pada bulan ini banyak sekali ibadah yang dilakukan dan dilipatgandakan pahalanya.

Namun sering kali banyak yang mengeluh karena pengeluarannya yang tiba-tiba membengkak, padahal saat ramadan kita menghilangkan biaya makan siang namun mengapa pengeluaran justru semakin besar. Untuk itu kita perlu menyikapi dengan tepat, bagaimana caranya nilai ibadah pada bulan Ramadan ini tidak terganggu dengan keuangan yang memburuk.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :

1.    Masalah kebiasaan makan

Jangan makan berlebihan, artinya saat berbuka puasa mungkin bisa dilakukan dengan minum dan makanan yang ringan atau biasa disebut dengan takjil. Selanjutnya makan besar saat di rumah. Karena biasanya saat ramadan para pegawai pulang lebih cepat dari jam biasanya dan saat itu pula akan terjadi kemacetan di mana-mana, jadi biasanya buka puasa akan dilakukan di saat perjalanan menuju rumah atau tempat tinggal. Sedangkan untuk mereka yang memiliki acara untuk melakukan buka puasa bersama, mungkin bisa memilih tempat yang tidak terlalu mewah dan anggarannya sesuai kemampuan. Kalau makanan saat berbuka berlebih, mungkin menu buka puasa pun bisa juga dijadikan pilihan untuk menu sahur.

2.    Masalah kebiasaan berbelanja

Biasanya saat sore hari di bulan ramadan banyak orang yang menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan atau biasa dikenal dengan istilah ngabuburit. Tapi sayangnya acara jalan-jalan ini ujung-ujungnya berbelanja. Yang perlu diingat adalah jangan berbelanja saat tidak ada kebutuhan dan berusaha menjaga keinginan untuk berbelanja. Kalaupun mesti berbelanja, maka buat terlebih dahulu daftar barang-barang yang mau dibelanjakan. Mengingat saat bulan ramadan umumnya harga-harga barang akan mengalami kenaikan, terutama kebutuhan seperti daging dan telur.

3.    Kreatif dan inovatif

Ramadan juga memberikan kesempatan untuk kebanyakan orang agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan, salah satunya adalah melalui berbisnis makanan berbuka puasa atau berbisnis kue-kue persiapan Idul Fitri. Untuk kita yang jam kerjanya sudah teratur mungkin bisnis kue bisa menjadi pilihan, namun untuk kita yang jam kerjanya fleksibel bisnis makanan berbuka puasa juga mesti dilirik. Bisnis lain yang juga marak saat ramadan yaitu parsel. Biasanya saat kebutuhan seseorang meningkat, sedangkan di lain pihak pendapatan yang diperolehnya tetap, maka akan timbul kemauan dan usaha untuk mencari penghasilan tambahan akibat “The Power of Kepepet”.  Maka kita mesti memikirkan kira-kira bisnis apa yang bisa kita lakukan untuk menambah penghasilan.

4.    Persiapan mudik

Mudik atau pulang kampung adalah sebuah kebiasaan yang biasa dilakukan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Namun mudik sering kali juga menjadikan dilema, karena saat mudik harga tiket akan naik sangat tinggi bahkan bisa mencapai 100%. Kenaikan harga tiket ini merata di semua moda transportasi yaitu pesawat terbang, kereta api, bus maupun ferry. Nah, Anda akan menghadapi masalah besar kalau tiket yang diinginkan habis, alhasil kita mesti mengganti moda transportasinya. Belum lagi saat mudik biasanya akan terjadi kemacetan dan juga banyak kecelakaan lalu lintas. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menyikapi hal ini yaitu dengan perencanaan yang baik. Jika kita sudah memilih moda transportasi yang diinginkan, maka sebaiknya sudah tiket sudah dipesan jauh-jauh hari sebelumnya. Tiket pesawat terbang misalnya, beberapa maskapai bisa dipesan sampai dengan 9 bulan sebelumnya, untuk tiket kereta api bisa dipesan 90 hari sebelumnya. Tentu saja kalau kita melakukan pemesanan tiket jauh-jauh hari, maka harga yang diperoleh akan jauh lebih murah dan kita tidak perlu khawatir akan kehabisan tiket. Mungkin bisa juga dijadikan pilihan untuk mudik yaitu tiket-tiket gratis yang dibagikan oleh supermarket, yang terpenting kita tidak ketinggalan informasi bagaimana cara untuk memperolehnya.

Jadi kita tidak perlu khawatir dan terganggu mengenai keuangan di saat ramadan, yang terpenting adalah kita bisa menyikapinya sebaik mungkin dan melakukan action yang terbaik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kurnia Sukmanagara
Independent Financial Planner
Fin-ally Consulting

 

 

 

Events Calendar

November  2017
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
   
  1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30